Minggu, 02 September 2012

Jika bukan orang sembarangan, jangan buang sampah sembarangan..!

Mengeluh Jakarta kotor..., mengeluh jakarta banjir,, membuat perbandingan dengan malaysia dan singapore..

Apakah kita pernah melakukan ini..?? tentu kan..
dan apakah juga kita membuang sampah sembarangan..? bungkus permen, tissu atau kertas Tol..??
Kalau hal ini juga dilakukan, masi pantaskah kita mengeluh...
Tentunya kita juga bisa berfikir.., "bukan saya sendiri ko yang melakukan itu, malah banyak yang lebih parah lagi.., apa cuma karna buang sampah segitu saja bisa dampak besar.? jangan lebay deh"

hmm, kalau mayoritas warga Jakarta berfikiran begini, maka jangan harap jakarta akan bersih 10 tahun ke depan, malah bisa jadi akan semakiin parah.. Kita berfikir sampah itu kecil dan tidak akan berdampak besar, tapi jika semua orang begitu maka sampah tidak lagi sedikit. "Ah hanya satu bungkus permen" bagaimana jika 100 orang beranggapan begitu, maka ada 100 bungkus permen yang berserakan.

"Saya mencoba untuk membuang sampah pada tempatnya, tapi saya jarang menemui tempat sampah di area jalan, ya terpaksa saya buang sembarangan. Coba pemerintah menyediakan tempat sampah yang banyak, tentu saya akan buang sampah pada tempatnya"

hmm... bagaimana dengan ini?? apakah terus kita halalkan buang sampah dimana saja??
Kalau begitu kita hanya seorang penuntut, selalu ingin dilayani dan merasa pantas untuk dilayani, tak pernah ada kecintaan untuk menjaga kota bersih. Hanya menuntut dan menunggu fasilitas, padahal kita tau pemerintah akan menomor sekiankan urusan tempat sampah atau kebersihan kota. 

Ingin bersih seperti Singapore tapi tidak mencontoh warganya yg selalu buang sampah pada tempatnya.., akui lah kl kita hanya pengeluh dan orang sembarangan.

Jika tak ingin disebut sembarangan, maka jangan buang sampah sembarangan...!
Mari patahkan pernyataan itu dan kita coba untuk diri sendiri sebagai orang yang bersih dan membuang sampah pada tempatnya, walaupun itu hanya bungkus permen. Jadikan diri kita bukan pengeluh, dan memang ingin jakarta bersih...
Kalau mayoritas warga jakarta bisa melakukan hal ini, jakarta akan melangkah perlahan tapi pasti pada kebersihan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar