Sabtu, 08 September 2012

Bergaulah dengan siapa saja..

Biasanya kita sering mendapati nasehat untuk selektif dalam memiliki teman, atau teman-temanmu mencerminkan dirimu, oleh karena itu pandai-pandailah dalam memilih teman...

Untuk hal ini saya memiliki dua pendapat, setuju dan tidak.. Apakah ini plin-plan?? tidak punya pendirian..
Mari simak alasan saya,
Saya tidak setuju, jika kita harus membatasi pertemanan atau pergaulan, sehinngga kita hanya memilih teman yang membuat kita nyaman atau memilih teman yang menguntungkan saja. Ketika kita membatasi pergaulan, maka kita akan terus menerus pada zona kenyamanan dan pengetahuan kita akan sebatas itu saja, tidak banyak yang dapat kita pelajari jika lingkungan pergaulan kita itu-itu saja.
Bagaimana kita dapat mengetahui pergaulan itu baik atau tidak sebelum kita berada didalamnya?? Apakah keputusan kita dalam pergaulan itu karena pendapat orang lain??
Apakah memang kita tidak boleh bergaul dengan teman-teman yang memiliki kesan "buruk"?
dan apakah kita tidak bisa belajar dari setiap pergaulan kita??
Semakin kita memiliki pergaulan dari berbagai kalangan dan kita dapat mengetahui setiap karakter, maka kita akan semakin kaya dalam pengetahuan.

Saya Setuju, jika selektif dalam berteman atau bergaul disini membuat kita terhindar dari pengaruh buruk.. selektif membuat kita berada pada lingkungan positif dan dapat membuat kita ke arah yang lebih baik.

Jadi dua pendapat berlawanan saya tersebut memiliki alasan yang memiliki benang merah..
Kita dapat bergaul dengan siapapun, sekalipun anak kecil, orang tua, guru, satpam, boss, dan berbagai posisi lain, pemakai narkoba, preman atau lainnya selama kita dapat menguasai diri tidak larut dan mengambil manfaat dari semua orang tersebut..
So jangan batasi diri karna kenyamanan bergaul...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar